Baca Artikel

Banyak artikel menarik yang bisa kamu baca di sini

Analisa Laporan Keuangan Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Suatu Perusahaan

Analisa ratio keuangan merupakan suatu indikator yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk menilai efektifitas penggunaan keuangan berdasarkan data perbandingan masing-masing account keuangan yang ada dalam laporan keuangan seperti laporan neraca, laba rugi, dan arus kas dari periode tertentu. Fungsi dari laporan keuangan untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan atau pengeluaran dan pemasukan perusahaan. Selain itu juga bertujuan sebagai pedoman menentukan keputusan dalam bisnis. Analisis laporan keuangan dapat dilakukan dengan cara mengevaluasi masing-masing kinerja suatu perusahaan, digunakan untuk pengambilan keputusan yang akan datang.

Untuk menentukan tingkat kesehatan perusahaan juga memerlukan ratio sebagai salah satu indikator. Terdapat 4 metode perhitungan rasio diantaranya yaitu likuiditas, solvabilitas, rentabilitas atau profitabilitas dan yang terakhir yaitu rasio aktifitas. Dengan menggunakan 4 rasio ini perusahaan dapat mengetahui seberapa besar laba yang didapat dan seberapa besar perusahaan dapat melunasi hutang, sehingga dapat diukur tingkat kesehatan perusahaan itu.

Dibawah ini dijelaskan beberapa rasio yang dibutuhkan untuk perusahaan agar dapat mengukur tingkat kesehatannya.

  1. Rasio Likuiditas : kewajiban hutang dalam jangka pendek perusahaan dapat diukur melalui  Dengan kata lain juga dijelaskan bahwa likuiditas adalah kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya atau hutang yang harus dibayar dengan aktiva lancarnya.
  2. Rasio Solvabilitas : yaitu mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajibannya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan untuk membayar seluruh kewajiban hutang yang ada dengan menggunakan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan.
  3. Rentabilitas atau Profitabilitas : digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan atau laba, selama periode tertentu juga memberikan analisa tingkat efektifitas manajemen  dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Profitabilitas dapat diukur dengan membandingkan antara laba dikurangi pajak dengan aktiva yang dapat menghasilkan keuntungan atau laba.

Dari uraian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penganalisaan laporan keuangan  mempunyai tujuan. Diantaranya yaitu:

  1. Sebagai informasi suatu perusahaan untuk melakukan perkiraan atau memproyeksikan posisi keuangan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan.
  2. Meninjau suatu keadaan perusahaan, permasalahan di bidang administrasi, operasional, dan keuangan perusahaan.
  3. Alat bantu untuk mengukur efisiensi semua departemen perusahaan.

 

Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan SDA yang berkualitas yang memiliki skill yang handal. SDA dalam hal ini sangat mempengaruhi dalam dunia pemasaran.

Ciri-ciri perusahaan yang sehat :

  1. Sangat memperhatikan pemasukan dan pengeluaran. Dengan menekankan sekali pengeluaran diharapkan dapat menghasilkan pemasukan semaksimal mungkin.
  2. Mampu membenahi keuangan perusahaan disaat pendapatan perusahaan mengalami penurunan.
  3. Perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan yang lainya dan selalu berkembang.

Laporan dalam perusahaan sangatlah penting karena dengan mereview laporan keuangan kita bisa memantau kenaikan ataupun penurunan keuangan tiap bulannya. Suatu perusahaan jika menginginkan perusahaan itu sehat maka harus memiliki komitmen saling membantu dikala perusahaan mengalami pasang surut. Kemakmuran karyawan harus diperhatikan karena kesolidan karyawan mampu membantu perusahaan dalam berkembang.

Seventhsoft Komputindo

Software Akuntansi Terintegritas

    Seventhsoft Logo

Contact Marketing

Office : 031-8781909
HP IM3 : 0856 45 154 777
HP Simpati 1 : 0812 5235 2639
HP Simpati 2 : 0812 4922 6977

Business Hour

Monday - Friday : 08.00 - 17.00 WIB
Saturday : 08.00 - 12.00 WIB

Office

Ruko Rungkut Makmur C - 30
Jl. Raya Kali Rungkut 27 Surabaya - Jawa Timur
Menara Standart Chartered, 30th floor Jl. Prof Dr. Satrio Kav 164 Jakarta Selatan 12930