Baca Artikel

Banyak artikel menarik yang bisa kamu baca di sini

Piutang Rasio Perputaran (RECEIVEABLE TURNOVER)

Piutang Rasio Perputaran adalah rasio efisiensi atau perhitungan ratio yang mengukur berapa banyak suatu perusahaan dapat mengubah piutangnya menjadi kas selama suatu periode tertentu. Dengan kata lain, piutang mengukur rasio perputaran berapa kali suatu bisnis dapat mengumpulkan nilai rata-rata piutang selama satu tahun. Rasio ini menggambarkan seberapa efisien perusahaan untuk mengumpulkan penjualan kredit dari pelanggan. Dalam beberapa hal rasio perputaran piutang juga dapat dikatakan sebagai rasio likuiditas. Perusahaan yang lebih likuid akan cepat mengetahui rahasia piutang mereka menjadi uang tunai. Sebagian perusahaan mengelompokan piutang mereka dari pelanggan di 60 hari, sementara lainnya memakan waktu hingga 4 bulan untuk mengumpulkan dari pelanggan.

Rumus

                                                  penjualan kredit bersih

         Piutang Rasio Perputaran = ----------------------------

                                                  rata-rata piutang usaha

 

Dalam perputaran hutang-piutang dapat dihitung dengan cara membagi penjualan kredit bersih dengan akun rata - rata piutang untuk periode yang telah ada.

Dengan hal tersebut dapat diperoleh alasan mengapa penjualan kredit bersih yang digunakan. Penjualan kredit bersih merupakan penjualan tunai tidak menciptakan piutang, sedangkan penjualan kredit membangun piutang, berdasarkan hal itu penjualan tunai yang tersisa dari perhitungan. Dibandingkan dengan penjualan bersih hanya mengacu pada penjualan dikurangi pengembalian dan penjualan tersebut dikembalikan.

Penjualan kredit bersih biasanya dapat ditemukan pada laporan laba rugi prerusahaan pada setiap tahunya meskipun tidak semua perusahaan melaporkan cash dan kredit penjualan secara terpisah. Rata-rata pihutang dihitung dengan cara menjumlahkan awal dan akhir pihutang untuk setiap tahun dan kemudian dibagi dua. Hal ini merupakan perhitungan kasar dari setiap tahun.

 
Analisa

Karena rasio perputaran piutang mengukur kemampuan perusahaan untuk lebih efisien dalam mengumpulkan piutang, maka semakin tinggi Rasio perputaran piutang akan lebih menguntungkan. Nilai rasio merupakan gambaran berapa kali perusahaan mengumpulkan hutangnya dalam setiap tahun. Misalnya, nilai rasio 3 berarti bahwa perusahaan mengumpulkan piutang rata-rata tiga kali selama satu tahun. Dengan kata lain, perusahaan mengumpulkan uang dari pelanggan setiap empat bulan sekali.
Efisiensi yang tinggi juga dapat menambah keuntungan dalam arus kas. Jika sebuah perusahaan dapat mengumpulkan uang dari pelanggan lebih cepat, maka akan dapat menggunakan uang tunai untuk membayar tagihan dan kewajiban lainnya lebih cepat. Perputaran piutang juga dapat mengindikasikan kualitas penjualan kredit dan piutang. Sebuah perusahaan yang memiliki rasio tinggi menggambarkan bahwa penjualan kredit memungkinkan untuk dikumpulkan dari sebuah perusahaan dengan rasio yang rendah.


Contoh kasus:

PT. Bangun Matahari memiliki penjualan kredit bersih sebesar RP. 12.000.000,- dan saldo piutang usaha awal tahun senilai Rp. 2.000.000,- dan saldo piutang akhir tahun senilai Rp. 6.000.000,-

Perhitungan perputaran piutang usaha PT. Bangun Matahari adalah sebagai berikut

                                         penjualan kredit bersih

Piutang Rasio Perputaran  = ---------------------------

                                          rata-rata piutang usaha

                                       =           12.000.000

                                         ------------------------------- = 3

                                            (2.000.000+6.000.000 )/2

 

 

Seventhsoft Komputindo

Software Akuntansi Terintegritas

    Seventhsoft Logo

Marketing Contact

Office : 031-8781909
HP Simpati 1 : 0812 5235 2639
HP Simpati 2 : 0812 4922 6977

Business Hour

Monday - Friday : 08.00 - 17.00 WIB
Saturday : 08.00 - 12.00 WIB

Office

Ruko Rungkut Makmur C - 30
Jl. Raya Kali Rungkut 27 Surabaya - Jawa Timur
Menara Standart Chartered, 30th floor Jl. Prof Dr. Satrio Kav 164 Jakarta Selatan 12930