Baca Artikel

Banyak artikel menarik yang bisa kamu baca di sini

RASIO LABA UTANG

Rasio Laba Hutang merupakan rasio keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang saat ini dengan membandingkan pendapatan operasional bersih dengan kewajiban total utang. Sehingga, rasio ini membandingkan kas yang terdapat di perusahaan dengan kewajiban bunga, prinsip, dan dana pembayaran hutang saat ini.

Ratio debt service coverage penting untuk kedua kreditur dan investor, tetapi kreditur paling sering menganalisanya.

Selain untuk mengetahui posisi kas dan arus kas perusahaan, kreditur juga ingin mengetahui berapa banyak hutang yang saat ini belum terbayar dan kas yang tersedia untuk membayar hutang untuk saat ini dan di masa depan.


Berbeda dengan rasio hutang , rasio debt service coverage mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan hutang termasuk beban bunga dan kewajiban lainnya seperti dana pensiun dan dana pembayaran hutang. Dengan ini, rasio debt service coverage lebih jitu dari kemampuan perusahaan untuk membayar hutang dari rasio hutang.
Rumus
Rumus ratio debt service coverage dengan membagi pendapatan operasional bersih oleh layanan total hutang.

Pendapatan operasional bersih merupakan pendapatan atau arus kas yang tersisa setelah semua biaya operasional telah dibayar. Dapat disebut sebagai laba sebelum bunga dan pajak atau EBIT. Pendapatan operasional bersih biasanya dinyatakan secara terpisah pada laporan laba rugi .
Utang total mengacu pada semua biaya yang berkaitan dengan pembayaran hutang perusahaan. Ini sering mencakup pembayaran bunga, pembayaran prinsip, dan kewajiban lainnya. Jumlah utang jarang diberikan dalam satu set laporan keuangan . Banyak kali ini disebutkan dalam catatan laporan keuangan.

Penggunaan hutang yang efesien adalah penggunaan dengan biaya rendah untuk memaksimalkan laba. Terdapat dua rasio hutang yang sering digunakan untuk alat analisis yaitu:

  1. Total Hutang Dibagi Dengan Total Aktiva Rasio ini membandingkan total hutang (jangka pendek + panjang),dengan total aktiva. Sehingga dapat diketahui %total hutang seluruhnya dibandingkan dengan total aktiva perusahaan
  2. Total Hutang Dibagi Modal Sendiri Rasio ini menunjukan hubungan antara posisi kreditur dan pemilik, semakin besar rasionya semakin sulit perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajibannya dan mengembangkan usaha.(Equity)

 


Analisa
Ratio debt service coverage mengukur kemampuan perusahaan untuk mempertahankan tingkat hutang saat ini. Inilah sebabnya mengapa rasio yang lebih tinggi selalu lebih menguntungkan daripada rasio yang lebih rendah. Sebuah rasio yang lebih tinggi menunjukkan bahwa ada lebih pendapatan yang tersedia untuk membayar hutang.
Misalkan, jika sebuah perusahaan memiliki rasio 1, yang berarti bahwa laba bersih perusahaan sama dengan kewajiban pelunasan hutang. Dengan kata lain, perusahaan menghasilkan cukup pendapatan untuk membayar hutang-nya. Sebuah rasio kurang dari satu berarti bahwa perusahaan tidak menghasilkan laba operasi yang cukup untuk membayar utang dan harus menggunakan beberapa tabungan.
Pada umumnya, perusahaan dengan rasio layanan yang lebih tinggi cenderung memiliki lebih banyak uang dan lebih mampu membayar kewajiban utang mereka pada waktu itu.

Seventhsoft Komputindo

Software Akuntansi Terintegritas

    Seventhsoft Logo

Marketing Contact

Office : 031-8781909
HP IM3 : 0856 45 154 777
HP Simpati 1 : 0812 5235 2639
HP Simpati 2 : 0812 4922 6977

Business Hour

Monday - Friday : 08.00 - 17.00 WIB
Saturday : 08.00 - 12.00 WIB

Office

Ruko Rungkut Makmur C - 30
Jl. Raya Kali Rungkut 27 Surabaya - Jawa Timur
Menara Standart Chartered, 30th floor Jl. Prof Dr. Satrio Kav 164 Jakarta Selatan 12930