Baca Artikel

Banyak artikel menarik yang bisa kamu baca di sini

Return on Equity Ratio

Return on Equity Ratio merupakan suatu perbandingan antara laba bersih setelah pajak (net profit) dengan asset bersihnya (ekuitas atau modal). Rasio ini mengukur berapa banyak keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan dibandingkan modal yang di setorkan kepada pemegang saham.  ROE ini sangat cocok bagi pemegang saham maupun calon pemegang saham, dan juga bagi manajemen karena rasio tersebut merupakan ukuran penting bagi mereka, semakin tinggi rasio ROE , semakin tinggi pula nilai perusahaan, hal ini tentunya merupakan daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya diperusahaan tersebut.

Return on equity atau profitabilitas adalah Suatu pengukuran dari penghasilan atau income yang tersedia bagi pemilik perusahaan atas modal yang mereka investasikan di dalam perusahaan.

Committee on terminology mendefinisikan profitabilitas adalah jumlah yang berasal dari pengurangan harga pokok produksi, biaya lain dan kerugian dari penghasilan atau penghasilan operasi. Sedangkan menurut APB Statement mengartikan profitabilitas adalah kelebihan (defisit) penghasilan diatas biaya selama satu periode akuntansi (Harahap, 2001: 226).

Profitabilitas merupakan ukuran pokok keseluruhan keberhasilan perusahaan (Simamora, 2000: 528)

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa profitabilitas adalah Penghasilan yang diinginkan oleh perusahaan dalam menjual produknya pada periode akuntansi tertentu.

 

 

 

Dengan rumusan :

              Laba Bersih setelah pajak (net profit)

ROE =  -------------------------------------------------   

                     Ekuitas atau Modal

Hasil perhitungan ROE yang mendekati 1 (satu) menunjukkan semakin efektif dan efisien penggunaan ekuitas atau modal perusahaan untuk menghasilkan pendapatan, begitu pula sebaliknya jika ROE mendekati 0 (nol) berarti perusahaan tidak mampu mengelolah modal yang tersedia secara efisisen untuk menghasilkan pendapatan. Seperti rasio keuangan tradisional pada umumnya ROE tidak mempertimbangkan unsur resiko dan jumlah modal yang diinvestasikan karena ROE hanya melihat sisi laba dan jumlah saham yang beredar. Karena ROE ini bisa tidak smooth tiap tahunnya, maka terkadang beberapa investor memodifikasi rumus di atas dengan menggunakan nilai ekuitas rata-rata antara tahun ini dan tahun sebelumnya. Hal ini mungkin berguna untuk meihat ROE perusahaan yang baru saja IPO, karena umumnya nilai ekuitas perusahaan yang baru IPO akan melonjak tajam karena baru saja disuntik aset. Tidak ada yang salah atau pun yang benar dalam penggunaan asumsi ini. Pilihlah salah satu yang menurut Anda tepat dan gunakan secara konsisten.

Seventhsoft Komputindo

Software Akuntansi Terintegritas

    Seventhsoft Logo

Marketing Contact

Office : 031-8781909
HP IM3 : 0856 45 154 777
HP Simpati 1 : 0812 5235 2639
HP Simpati 2 : 0812 4922 6977

Business Hour

Monday - Friday : 08.00 - 17.00 WIB
Saturday : 08.00 - 12.00 WIB

Office

Ruko Rungkut Makmur C - 30
Jl. Raya Kali Rungkut 27 Surabaya - Jawa Timur
Menara Standart Chartered, 30th floor Jl. Prof Dr. Satrio Kav 164 Jakarta Selatan 12930